Tuesday, May 15, 2018

Cara Main dan Setting Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP


BANGTUTORIAL.COM ~ Di Era Android ini, umumnya smartphone yang beredar sudah ditopang dengan chipset bertenaga dan Ram yang cukup besar. Sehingga dijamin mampu memainkan game HD dengan grafis yang tinggi tanpa kendala.

Meski kini game kualitas grafis menakjubkan sudah banyak beredar di PlayStore, namun game konsol PSP tidak bisa ditinggalkan begitu saja oleh sebagian pecinta game klasik. Sedikit mengingatkan, game PSP adalah game yang biasa dimainkan melalui perangkat Playstationseperti Konsol Sony PSP atau PlayStation Portable.

Koleksi game buatan Sony yang sangat populer di zamannya ini juga sangat banyak sekali ditambah dengan grafis yang cukup bagus dan gameplay yang seru. Sehingga hingga kini masih banyak gamers yang tetap tertarik untuk memainkannya.

Cara bermain Game PSP di Android dan Cara Setting Aplikasi Emulator PPSSPP-PSP

Nah, bagi kamu yang tertarik memainkan game PSP di Android tanpa perlu membeli konsol game PSP. Caranya yaitu cukup menginstall emulator PSP, yaitu PPSSPP. Berikut langkah-langkahnya:

 1. Download dan Install Emulator PPSSPP-PSP di Google Playstore

PPSSPP adalah sebuah emulator PSP (PlayStation Portabel) yang bisa menjalankan mayoritas game yang dibuat untuk konsol portabel pertama buatan Sony. Dengan aplikasi emulator Android ini kamu dapat memainkan semua jenis game PSP dengan sangat mudah. Versi gratis ini seperti biasa akan ada iklannya. Anda bisa menginstal versi berbayarnya yaitu PPSSPP Gold agar tidak terganggu dengan iklan.

 2. Download Game PSP

Kebanyakan game PSP berformat ISO memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan banyak yang di atas 1GB. Download terlebih dahulu game PSP favorit kamu yang berformat ISO di website penyedia Game PSP. Salah satunya bisa di Emuparadise.

 3. Setting Emulator PPSSPP-PSP di Android

Cara settingnya cukup sederhana yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan game PSP berformat ISO yang sudah kamu unduh telah dipindahkan ke HP Android-mu. Jika file yang kamu download berformat RAR atau Zip, kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi PPSSPP di Android dan arahkan ke tab Games.
  • Di sini kamu akan menemukan semua folder ponsel kamu, arahkan ke folder di mana kamu menyimpan file ISO.
  • Sekarang, tinggal tekan di atasnya untuk memulai permainan.
  • Tombol virtual gamepad akan muncul di layar dan kamu dapat menyentuh mereka untuk menggunakannya.
  • Pengalaman pertama tidak akan sebagus PSP nyata dengan tombol fisik, tetapi dengan seiring waktu kamu akan dapat menguasainya.
  • Lakukan pengaturan untuk meningkatkan kinerja, sesuaikan dengan performa smartphone kamu agar tidak lag.
  • Tekan Settings di antarmuka utama, dan kamu akan menemukan semua opsi untuk men-tweak.

4. Cara Setting Emulator PPSSPP Gold di Android

Ini adalah emulator versi berbayar dari PPSSPP-PSP. Untuk mendapatkan secara gratis anda bisa mencoba mengunduhnya melalui App Store Pihak Ketiga. Ada opsi settingan tambahan untuk memaksimalkan emulator ini yaitu sebagai berikut:
  • Pada Pilihan Graphic, centang dan ikuti sesuai gambar dibawah.

  • Pada Pilihan Control, centang dan ikuti sesuai gambar dibawah.
  • Pada Pilihan System, centang dan ikuti sesuai gambar dibawah.
  • Jika menginginkan setting lain, kamu juga bisa melihat Panduan PPSSPP tester solarmystic.
Baca Juga:
Perlu diketahui, tidak semua Smartphone Android lancar menjalankan emulator ini dan terkadang akan mengalami lag ketika sedang bermain game PSP di android, kemungkinan besar itu karena RAM yang terlalu kecil. Untuk itu, sebelum download dan instal game PSP ini, perlu memperhatikan syarat dan rekomendasi spesifikasi hp yang kamu gunakan.
Demikianlah tutorial lengkap cara bermain game PSP di Android beserta setting emulator PPSSPP agar hasilnya lebih optimal. Semoga dapat membantu. Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar. 

1 comment:

Tips cara Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

BANGTUTORIAL.COM  - Di zaman yang serba modern ini hidup sehat untuk kebutuhan sehari-hari agar kami tidak mudah terserang penyakit.Hidup s...